pengertian compiler dalam ilmu komputer pendidikan ilmu komputer teknik informatika(it)



PENGERTIAN COMPILER

Oke pada kesempatan kali ini saya akan mencoba postingan saya yang pertama kali..hehe :D  nama nya juga pertama kali so pasti sederhana banget.judulnya tentang pengertian compiler dalam dunia ilmu komputer.pasti kalian semua sudah tahu apa itu"compiler".Tapi bagi yang baru mengenal apa itu compiler... ini postingan yang cocok buat   agan.selamat baca ya gan
















Gambar 01. Desain/Bentuk dari compiler
               


Compiler adalah penjembatan antara baris kode ke assembler.Compiler akan menerjemahkan baris-baris kode yang dilewatkan oleh preprosesor seperti kamus(translate)untuk bahasa mesin komputer.Ada banyak macam compiler C/C++,yaitu Borland untuk versi  Windows dan compiler gcc atau g++ untuk linux.

Compiler memerlukan waktu untuk membuat suatu program dapat di eksekusi oleh computer, program yang dieksekusi oleh compiler adalah dapat berjalan lebih cepat disbanding program yang diperoduksi oleh interpreter, disamping itu juga bersifat independen. Contoh program yang menggunakan compiler adalah Visual Basic, Visual Delvi, dan Pascal.

Urutan Compilasi:

  •  source code (program yang diketik) dibaca kememori computer).
  •    Source code tersebut diubah menjadi objek code (bahasa Assembly).
  • Objek code di hubungkan dengan liberary yang dibutuhkan untuk membentuk file yang bisa dieksekusi.

Dengan kata lain, Compiler Bahasa C adalah program yang dibutuhkan untuk memproses teks bahasa C untuk menjadi sebuah aplikasi.

Dimana bisa didapat compiler bahasa C?

Terdapat banyak compiler C. Daftar lengkapnya bisa dilihat ke List of compilers bahasa pemrograman C.
Yang cukup terkenal untuk sistem operasi Windows adalah:
Hasil gambar untuk gambar compiler
Pengertian :Ini adalah perangkat lunak sistem yang digunakan untuk mengubah kode bahasa pemrograman menjadi format biner dalam proses langkah demi langkah.

Assembler
Assembler adalah perangkat lunak sistem yang digunakan untuk mengubah instruksi bahasa assembly ke format biner dalam proses langkah demi langkah. Assembler adalah perangkat lunak sistem yang digunakan untuk mengubah instruksi bahasa assembly menjadi format biner.



Comments

Popular Posts