Pengertian tentang teknologi piranti koputer

TEKNOLOGI PIRANTI KOMPUTER


  Komputer hanyalah merupakan mesin yang tidak dapat melakukan apa-apa sekiranya tidak dapat dukungan dari perangkat lunak(Software).Perangkat lunak adalah program,dan program adalah sekumpulan instruksi yang disusun secara tersruktur oleh programer dengan program.Karena inilah komputer dapat melakukan tindakan-tindakan sesuai yang dikehendaki oleh pembuatnya .Program pada umumnya dibuat oleh vendor perangkat lunak misalnya"microsoft"dan microsystem atau pun perseorangan.Berdasarkan fungsinya,perangkat lunak dapat dibagi menjadi tiga(3) kelompok besar,yaitu perangkat lunak sistem biasa juga disebut sebagai sistem operasi,bahasa program dan perangkat lunak aplikasi.


Perangkat Lunak system


Perangkat lunak sistem(sistem operasi) adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya.Software yang berfungsi melakukan operasi yang mengatur tentang segala aktivitas komputer seperti mendukung operasi sistem aplikasi dan mengendalikan semua perangkat komputer agar dapat berjalan selaras dengan fungsinya.

Menurut Abraham Silberschat Z,Galvin,Gagne(2003),sistem operasi merupakan suatu program yang bertindak sebagai perantara antara pengguna dan hardware komputer.Mereka juga menyatakan bahwa tujuan dari sistem operasi adalah :
  • Melaksanakan program pengguna dan memudahkan dalam menyelesaikan masalahnya
  • Membuat sistem komputer menjadi mudah untuk digunakan 
  • Menjadikan pengguna hardware komputer menjadi lebih efisen
Sistem operasi bekerja untuk mengatur operasi CPU, identifikasi input-output(i/o), tempat penyimpanan (memory) dan segalaaktivitas komputer. Sistem operasi mengendalikan semua sumber daya komputer dan menyediakan  landasan sehingga sebuah program aplikasi dapat ditulis atau dijalankan


Tugas-Tugas Sistem Operasi

  • Menyediakan antar muka pengguna (user interface)
  • Melakukan perintah dalam bentuk teks (command-base user interface)
  • Mengarahkan menu (menu driven)
  • Antar muka unit grafik (grafikal user interface GUI)
  • menyediakan informasi yang berkaitan dengan hardware, yaitu berupa perangkat atau pasif,dan mengendalikan input/output (i/o)Melakukan tugas pengolahan dan pengendalian sumber daya dalam sebagai proses sebagai berikut :
  1. Multitasking; yaitu melakukan tugas secara serentak atau sekaligus pada aplikasi yang sama maupun berbeda.
  2. Multiprocessing; pengguna ata pemrosesan sebuah program secara serentak oleh beberapa unit CPU
  3. Multithreading;memproses aktivitas pada bentuk yang sama dengan "multitasking"tetapi pada aplikasi tunggal 
  4. Salability dan network; adalah upaya komputer dalam mengendalikan dan meningkatkan kewaspadaan dan keamanan jumlah pengguna dan memperluas pelayanan
  • Pengelolaan file data;yaitu memastikan file-file dalam penyimpanan sekunder tersedia jika diperlukan, dan mengamankan dari pengguna yang tidak diizinkan.

Layanan Sistem Operasi

Sebuah sistem operasi yang baik harus memiliki layanan berupa eksekusi program, Operasi I/O, manipulasi sistem file, komunikasi, dan deteksi kesalahan. Dalam pemakaian secara multi user system dapat lebih menguntungkan yaitu lebih efesien karena pemakai sumber daya bersama antara pengguna. Sebagai fungsi layanan bersama tersebut maka sistem operasi akan memberikan efesiensi pengguna sistem berupa :
  • Resource allocator; yaitu mengalokasikan  sumber daya yang dikendalikan
  • Protection; Menjamin akses ke sistem sumber daya  yang dikendalikan (akses pengguna ke sistem menjadi terkendali)
  • accounting; yaitu merekam kegiatan pengguna(user), jatah pemakaian sumber daya (Keadilan atau kebijakan)
okehh lh hanya itu yang bisa saya sharing bagi siapa yang membutuhkannya semoga bermanfaat ya brooo

Comments

Post a Comment