Pengertian HTML dan Membahas proses sejarahnya



Mengenal HTML




Media linier


         Media linier adalah suatu hal yang digunakan untuk menjelaskan suatu awal dan suatu progreslinier hingga akhir. Bentuk dari media linier dapat berupa movies, audio, dan video tapes, dan sebagian besar buku-buku di organisasikan dengan ekspektasi ini. Sedangkan  world wide web(www) di organisasikan dengan cara yang sangat berbeda.


Hypermedia


         Hypermedia adalah dimana seseorang pengguna dengan mudahnya memilih item berikutnya yang diinginkan dan dengan segera di transport ke lokasi baru yang diinginkan tadi. Sebagai contoh adalah suatu audio CD dimana anda dapat memilih lagu kelima dan langsung dapat didengarkan lagu tersebut. Berbeda dengan sebuah audio tape dimana anda harus mencari mulai dari lokasi saat ini tape anda hingga di awal lagu yang di inginkan. Ketika konsep ini di aplikasikan pada suatu teks maka akan didapat suatu hyper text, dimana dengan (clicking) pada suatu link atau hotspot(hyperlink)anda dengan segera dikirimkan menuju lokasi baru dalam halaman yang sama atau halaman baru atau secara bersamaan.

         Ketika anda melakukan interlink dalam jumlah yang banyak halaman teks pada komputer yang berbeda disegala penjuru dunia, adalah seolah-olah mendapatkan sistem seperti jaring laba-laba dari pada link-link dan halaman-halaman tersebut. Hal ini lah yang dikenal dengan world wide web, suatu sistem dimana suatu halaman disimpan pada beberapa web server (penyedia layanan web) yang berbeda-beda, tersambung dengan atau menuju ke internet, keseluruhan nya tersambung satu sama lain.
Sistem ini sangat lah bermanfaat karena semua halaman dibuat dalam format yang sama. Format atau "language" ini dinamakan html(hypertext markup leaguage yang merupakan bagian dari standar internasional untuk dokumen elektronik  yang dinamakan SGML(standart Generalized Markup Languages).


Pengertian HTML

         HTML atau yang merupakan singkatan dari Hypertext Mark Up Language adalah bahasa standar pemrograman untuk membuat suatu website yang bisa diakses dengan internet. Dengan kata lain halaman website yang kita lihat dan kita baca disusun dengan menggunakan bahasa ini dan kemudian diterjemahkan oleh komputer agar dapat dipahami oleh penggunanya. Html merupakan standar pembuatan website secara luas agar laman website dapat ditampilkan pada layar komputer.
        Semua website yang ada di internet itu merupakan rumusan dari kode-kode dan simbol dari Bahasa html.

Sejarah HTML


         HTML awalnya diciptakan oleh suatu perusahaan penjual perangkat keras dan lunak yakni IBM atau International Bussiness Machines. Sekitar tahun 1980, IBM menciptakan sebuah bahasa yang menggabungkan tag atau simbol dengan teks dalam sebuah dokumen.
          Bahasa yang diciptakan oleh IBM tersebut dikenal dengan sebutan markup language atau Generalized markup language (GML). Selanjutnya ditahun 1986, ISO atau International Standart Organization mengeluarkan pernyataan bahwa GML yang kemudian diubah istilahnya menjadi SGML (Standart Generalized Markup Language) ditetapkan sebagai standar dalam membuat berbagai dokumen yang bisa membantu dalam bisnis maupun pekerjaan lainnya

Comments