praktikum jaringan otot hewan pendidikan biologi fkib

PRAKTIKUM 1

JARINGAN OTOT HEWAN



      Teori dasar
                
            jaringan otot yakni jaringan yang terdiri atas kumpulan sel otot atau serat otot dan miofibril yang halus untuk membantu proses pergerakan tubuh.
 Jaringan otot tersusun berfungsi menggerakkan organ-organ tubuh. Kemampuan tersebut disebabkan karena jaringan otot mampu berkontradiksi. Kontradiksi otot dapat berlangsung karena molekul-molekul protein yang membangun sel otot dapat memanjangdan memendek. Jaringan otot dapat dibedakan menjadi 3 macam :

a.       Jaringan otot polos

         Jaringan  otot polos mempunyai serabut-serabut (fibril), yang homogen sehingga bila diamati dibawah mikroskop tampak polos atau tidak bergaris-garis. Otot polos berkontradiksi secara refleks dibawah pengaruh saraf otonom. Bila otot polos dirangsang, reaksinya lambat. Otot polos terdapat pada saluran pencernaan, dinding pembuluh darah, saluran pernapasan.

b.      Jaringan otot lurik

          Nama lainnya adalah jaringan otot kerangka karena sebagian besar jenis otot ini melekat pada kerangka tubuh. Kontradiksinya menurut kehendak kita  dan dibawah pengaruh saraf sadar. Dinamakan otot lurik karena bila dilihat dari bawah mikroskop tampak adanya garis gelap dan terang berselang-seling melintang disepanjang serabut otot. Oleh sebab itu nama lain dari otot lurik adalah otot bergaris melintang. Kontradiksi otot lurik berlangsung cepat bila menerima rangsangan, berkontradiksi sesuai dengan kehendak dan dibawah pengaruh saraf sadar. Fungsi otot lurik untuk menggerakkan tulang dan melindungi kerangka dari benturan keras.

c.       Jaringan otot jantung

           Jaringan otot jantung ini hanya terdapat pada lapisan tengah dinding jantung. Strukturnya menyerupai  otot lurik, meskipun begitu kontraksi otot jantung secara refleks serta reaksi terhadap rangsangan lambat. Fungsi otot jantung adalah untuk memompa darah keluar jantung/.
    C.      Alat dan bahan

  • ·         Microskop
  • ·         Preparat otot jantung
  • ·         Preparat otot lurik
  • ·         Preparat otot polos
     
     D.      Cara kerja

  1.        Amatilah preparat otot jantung, polos dan lurik pada mikroskop dengan perbesaran yang kuat
  2.        Gambarkanlah dan beri keterangan bagian-bagian dari jaringan otot, selain itu perhatikan bentuk dan arah serabut otot (miofibril) dan multinukleus yang terdapat dipinggir sel yang membulat dan terletak ditengah.

Comments